Resep Cara Membuat Susu Sari Kedelai Tidak Langu

ResepTante.Com - Resep Cara Membuat Susu Sari Kedelai Tidak Langu, Resep Membuat Susu Sari Kedelai Enak, Resep Membuat Susu Sari Kedelai Aneka Rasa. Kedelai termasuk dalam tanaman jenis kacang-kacangan yang mempuyai kandungan gizi yang banyak. Selain itu kacang kedelai juga merupakan sumber protein nabati dan lesitin juga sumber vitamin A, B kompleks, dan E, serta kalsium, fosfor, magnesium, dan zat besi. Saat ini sudah banyak olahan berbahan dasar dari kacang kedelai ini,sebagai pola ialah : tempe,tahu,taoge,susu kedelai,tauco,kembang tahu, oncom ,kecap dan lain sebaginya.Salah satu olahan kedelai yang sangat populer ketika ini ialah sari kedelai atau yang biasa di sebut susu kedelai. Susu Kedelai mengandung energi sebesar 41 kilokalori, protein 3,5 gram, karbohidrat 5 gram, lemak 2,5 gram, kalsium 50 miligram, fosfor 45 miligram, dan zat besi 1 miligram.  Selain itu di dalam Susu Kedelai juga terkandung vitamin A sebanyak 200 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 2 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melaksanakan penelitian terhadap 100 gram Susu Kedelai, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.
Susu kedelai sangat mengagumkan di konsumsi buat kau yang alergi dengan susu sapi, alasannya kandungan gizi dari susu kedelai yang banyak dapat digunakan untuk memenuhi gizi badan kita. Meskipun susu kedelai sangat banyak di jual dengan kemasan siap minum, alangkah baiknya jikalau kita mampu mengolahnya sendiri, selain lebih terjamin kebersihannya tentu saja lebih sehat. Berikut resep cara membuat susu kedalai yang aman dan sehat :

Resep Cara Membuat Susu Sari Kedelai Tidak Langu
Bahan – materi :
•    500 gram kedelai kering
•    2 lembar daun pandan
•    3 cm jahe bakar
•    3 sendok makan gula ( atau sesuai selera)
•    Air untuk merebus secukpunya
Cara Membuat :
1.    Cuci kedelai hingga bersih dan rendam dalam air kurang lebih 6 jam.
2.    Rebus kacang kedelai selama 1 jam,setelah itu matikan kompor dan biarkan dingin.
3.    Setelah hirau taacuh hancurkan kedelai dengan menggunakan blender hingga benar-benar hancur,lalu saring dengan menggunakan kain saring.
4.    Air kedelai hasil saringan kemudian di masak dan tambahkan jahe,gula dan daun pandan.Jangan terlalu lama masaknya cukup sekali mendidih saja.
5.    Selama di masak jangan lupa untuk terus mengaduknya supaya susu kedelai tidak pecah.Angkat dan biarkan dingin.
6.    Siapkan gelas lalu tuang susu kedalai dan siap untuk di sajikan.

Resep Cara Membuat Susu Sari Kedelai Tidak Langu

Resep Sari Kedelai (Susu Kedelai ) Tawar yang Sehat dan Bergizi
Bahan –bahan :
•    250 gram kedelai
•    Madu secukupnya
•    Maple syrup secukupnya
•    Kismis secukupnya
•    Jus jahe sebagai komplemen rasa
•    1 ½ liter air
Cara Membuat :

1.    Setelah kedelai di basuh bersih,lalu rendam selama 6-8 jam.
2.    Cuci bersih kedelai hasil rendaman hingga kulitnya terkelupas.
3.    Blender kacang kedelai dengan 1 liter air ,lalu saring dengan saringan ,tambahkan lagi dengan ½ liter air.
4.    Masak diatas kompor sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih.Angkat dan dinginkan.
5.    Sajikan susu kedelai bersama madu,maple syrup,kismis dan sari jahe.
Itulah beberapa resep sari kedelai ( susu kedelai) yang mampu bunda buat sendiri di rumah.Atau mampu juga di jadikan minuman sehat buat seluruh anggota keluarga terutama buat si kecil yang masih dalam masa pertumbuhan. Yang pasti kandungan gizi yang terdapat dalam susu kedelai akan membantu perkembangan si buah hati yang masih sangat membutuhkan banyak asupan vitamin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Cara Membuat Susu Sari Kedelai Tidak Langu"

Posting Komentar