Resep Cara Membuat Agar Agar Santan

ResepTante.Com - Resep Cara Membuat Agar Agar Santan, Resep Membuat Agar Agar Buah, Resep Membuat Agar Agar Coklat Pelangi. Agar-agar ialah zat yang biasanya berbentuk gel yang diolah dari rumput laut atau alga.Agar-agar banyak diolah menjadi hidangan penutup,karena teksturnya yang kenyal dan kaya serat sangat baik untuk membantu sistem pencernaan kita.Salah satu olahan yang berbahan dasar agar-agar yang mempunyai rasa yang unik dan enak yaitu agar-agar santan.Untuk membuat agar-agar santan tidak jauh berbeda dengan membuat agar-agar biasa,hanya saja di tambahkan santan pada tahap pembuatannya.Rasa gurih dari santan ini lah yang membuat rasa agar-agarnya menjadi khas dan unik.Teksturnya yang kenyal dan manis membuat agar-agar santan ini banyak di sukai oleh anak-anak.Selain di jadikan hidangan penutup,agar-agar santan ini juga mampu di hidangkan ketika acara-acara tertentu ibarat arisan,ulang tahun dan lain-lain.
Cara membuat agar-agar santan ini sangatlah praktis,kita hanya perlu menyiapkan abu agar-agar,gula dan santan.Berikut beberapa resep agar-agar santan yang sederhana yang mampu kita coba sendiri di rumah.

Resep Cara Membuat Agar Agar Santan

Bahan-bahan :
•    1 bungkus agar-agar plain
•    250 gram gula merah
•    130 ml santan kental
•    1 sendok makan gula pasir
•    ¼ sendok teh garam
•    600 ml air
Cara Membuat :
1.    Rebus gula merah bersama air hingga gula larut dan mendidih,lalu saring.
2.    Larutkan agar-agar dengan sedikit air.Masukan ke dalam rebusan gula merah,masukan pula bahan-bahan lainnya.Aduk-aduk hingga mendidih.
3.    Jika telah mendidih,matikan kompor ,biarkan sejenak hingga agar-agar hangat.
4.    Tuang ke dalam cetakan dan dinginkan dalam kulkas.Biarkan masbodoh dan mengeras.
5.    Keluarkan dari cetakan dan potong-potong sesuai selera,sajikan ketika masih dingin.
Resep agar-agar santan gula merah diatas ialah salah satu variasi dari olahan berbahan dasar agar-agar yang mempunyai rasa yang enak. Variasi olahan berbahan dasar agar-agar yang lainnya yang tidak kalah enaknya yaitu :

Resep Cara Membuat Agar Agar Santan

Untuk membuat agar-agar santan pandan ini,tidak jauh berbeda dengan agar-agar gula merah.Hanya saja untuk resep yang satu ini di tambahkan daun pandan,sehingga menambah aroma khas dari daun pandan yang harum.
Bahan-bahan :
•    400 gram gula pasir
•    2 bungkus santan kara siap pakai
•    1 bungkus agar-agar abu rasa apel
•    2 bungkus agar-agar plain
•    1500 ml air
•    1 sendok teh garam
•    3 lembar daun pandan

Cara Membuat :
1.    Tuang agar-agar ke dalam panci,campur dengan gula dan air.
2.    Panaskan hingga akan mendidih,masukan daun pandan dan aduk hingga mendidih.
3.    Setelah mendidih,campurkan santan kara ke dalam agar-agar tersebut dan aduk terus semoga semua tercampur rata.Jangan biarkan hingga santan mengental.
4.    Jika sudah mendidih,angkat dan tuang ke dalam cetakan.Biarkan hingga dingin.
5.    Setelah masbodoh masukan ke dalam kulkas beberapa jam hingga masbodoh dan mengeras.
6.    Keluarkan dari cetakan dan potong-potong sesuai selera.
7.    Siapkan piring saji dan sajikan agar-agar selagi dingin.
Resep agar-agar diatas wajib bunda coba sendiri di rumah, alasannya ialah resepnya sangat mudah dan praktis. Bahan-bahan yang digunakan juga mudah kita dapatkan di supermarket. Bisa bunda jadikan menu hidangan buat keluarga. Karena rasanya yang enak pastinya sangat di sukai oleh semua aggota keluarga. Atau mampu juga di variasikan dengan buah-buahan.Yang pasti dapat menyajikan hidangan yang sehat buat keluarga merupakan suatu pujian tersendiri. Semoga bunda-bunda semua berkenan dengan resep agar-agar santan ini dan selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Cara Membuat Agar Agar Santan"

Posting Komentar